Es Potong, Jajanan Jadul Kesukaanku


Kalau ditanya apa jajanan SD jaman dulu yang masih diingat hingga sekarang, maka aku akan bilang es potong. Tiap melihat es potong di jual di pinggir jalan, mau tidak mau aku jadi sering flashback pada jaman SD dulu.

Apa sih itu es potong? Es potong adalah es yang terbuat dari tepung yang dicampur dengan santan, susu dan rasa tertentu; bisa cokelat, stroberi, melon dan lain-lain. Kalau kita bahas sekarang nih ya, es potong ini bisa dibilang sebagai jajanan jaman jadul karena memang hanya banyak ditemukan saat jaman dulu.

Gimana sih bentuk es potong itu? Nih, lihat!



Pada jamanku dulu, es potong masih berharga 300 rupiah, atau 500 rupiah untuk yang panjang. Aku sangat ingat bahwa pernah mengantri lama hanya untuk membeli es potong yang sangat aku inginkan. Es potong adalah eskrim pertama yang pernah kumakan. Rasanya enak dan dingin. Dan aku juga teman-teman selalu berebut untuk membeli es potong rasa cokelat yang pasti sangat sulit untuk didapatkan. Jaman dulu, apalagi di desaku yang jauh dari kota, yang namanya eskrim walls dan merk-merk mahal lain sangatlah jarang ditemukan, bahkan tidak ada! Hahaha. Aku hanya bisa makan eskrim mahal itu saat berkunjung ke rumah nenekku yang ada di kota, itupun tidak sering.

Jaman sekarang, penjual es potong hampir sudah tidak bisa ditemukan lagi. Walaupun masih ada yang masih menjualnya, rasa dan harganya sudah tidak sama lagi seperti dulu. Tentu saja, es potong sekarang memiliki rasa yang jauh bervariasi dan oleh karenanya, harganya pun juga lebih mahal. Satu es potong sekarang ini rata-rata di jual seharga 1000 rupiah. Ah—masih harga kantong anak SD banget lah ya.


Banjarbaru, 8 November 2019

Komentar