Hal yang Akan Membuat Waktu 24 Jam Lebih Bermakna


Semua manusia di seluruh muka bumi diberkahi dengan waktu yang sama oleh Allah, yaitu 24 jam, tidak kurang dan tidak lebih. Ada sebagian orang yang memanfaatkan waktu 24 jam waktunya dengan melakukan hal-hal positif dan bermanfaat baginya, namun ada sebagian lagi yang belum bisa mempergunakan waktunya sebaik mungkin dan malah berujung lalai.

Kebanyakan orang yang belum bisa mempergunakan waktunya dengan baik ini cenderung memiliki hidup yang tidak terarah karena merasa masih kabur dengan apa yang mereka inginkan dan jalan apa yang harus ditempuh untuk mencapai hal yang mereka inginkan itu. Oleh sebab itulah kegiatan yang harusnya dilakukan dengan segera malah berakhir dengan tundaan atau bahkan tidak dilakukan sama sekali.

Waktu yang seharusnya cukup dipakai untuk melakukan pekerjaan berakhir dipergunakan untuk memegang handphone dan berselancar di dunia maya. Setelah sadar, ternyata sudah banyak waktu yang terlewat dengan percuma. Tugas-tugas, deadline kerjaan, bahkan hal sepele seperti mandi dan makan waktunya jadi tidak sempat, berakhir dengan tidak dilakukan sama sekali atau tertunda hingga hari berikutnya.

Nah, bagaimana cara-cara apa saja yang harus kita gunakan agar bisa memanfaatkan waktu dengan baik?

  1. Menulis What to do List
Bagi sebagian orang, menulis hal-hal yang akan mereka lakukan selanjutnya bukanlah gaya mereka sama sekali. Padahal, menulis what to do list adalah sebuah kegiatan yang akan sangat membantumu untuk membuat hal yang ingin dilakukan dalam satu hari lebih terarah. Dengan menulis what to do list, kamu akan punya kuasa atas waktu 24 jam yang kamu miliki. Secara otomatis kamu juga akan merasa lebih bersemangat untuk melakukan hal-hal yang sudah kamu rencanakan tersebut!
  1. Olahraga
“Ugh, gue benci olahraga!” saat kalian menggumamkan hal ini setelah membaca kalimat di atas, percayalah, banyak orang yang sama seperti kamu!
Banyak penelitian menyatakan bahwa berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan pikiran. Dan semua hal itu adalah benar adanya. Selain membuat tubuh menjadi fit, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain yaitu; memperkuat tulang, menghilangkan kolesterol jahat di dalam pembuluh darah, menurunkan resiko terkena stroke, darah tinggi dan diabetes. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di dalam gym dan membutuhkan panduan dari professional kok, cukup lari-lari keliling komplek selama 15 menit saja sudah terhitung olahraga loh. Rutin olahraga membuat tubuh kita lebih sehat dan pikiran jadi lebih fresh dan bahagia. Ayo buktikan!
  1. Membaca Buku
“Buku adalah jendela dunia”. Kita secara otomatis akan menjadi pribadi yang berbeda berdasarkan buku yang kita baca. Misalnya, kamu membaca buku tentang ‘How to Master your Habit’ karangan Felix Siauw, secara otomatis sesuatu dalam dirimu akan merasa tergugah untuk membentuk kebiasan-kebiasaan baru yang positif setelah membaca buku itu. Lalu, kamu juga akan tergerak untuk mengatur pengeluaran uangmu setelah membaca buku ‘Managemen Keuangan’ dan seterusnya. Untuk itulah, bacalah buku! Pilih buku yang berisi konten positif dengan maksud untuk mengembangkan dirimu!

Last but not least, semua hal itu bisa dilakukan kalau kita mempunyai komitmen yang kuat untuk memanfaatkan waktu 24 jam yang kita miliki dengan tujuan lebih positif. Tanpa adanya kemauan dan komitmen yang kuat, mungkin kita hanya akan berakhir dengan menutup tab artikel ini dan membuka social media yang lain seperti facebook, youtube, twitter atau Instagram tanpa merasa adanya rasa tergugah di dalam diri untuk berubah.

Bayangkanlah sebuah obrolan antara dirimu sekarang dengan dirimu dari masa depan. Bayangkanlah bahwa dirimu 10 atau 20 tahun kemudian muncul di depan pintu rumahmu dengan keadaan yang sehat, pintar, bijaksana, kaya raya, dan bahagia. Lalu sekarang, masa depan yang kamu bayangkan saat ini sedang melihatmu tepat di mata dan memberimu saran tentang apa yang harus dihentikan dan apa yang harus dimulai.

Hal apa yang pertama akan dia katakan padamu saat itu? Hal apa yang pertama akan dia suruh untuk kamu lakukan saat itu?

Komentar