The Novel's Extra [5] : Singkronisasi (2)



Di dunia ini, ada sebuah fenomena kebangkitan yang disebut sebagai ‘pencerahan’. Hal itu sering disebut sebagai kualifikasi pertama untuk menjadi seorang Hero, pencerahan adalah sebuah bentuk dari pengetahuan pribadi yang dikatakan juga terjadi ketika seseorang telah melewati batasan kekuatan/pengetahuannya.

Semua Hero yang aktif bertugas telah mendapatkan pencerahan mereka sendiri. Namun, karena banyaknya pengalaman dan latihan yang dibutuhkan untuk mencapai pencerahan itu, banyak kadet yang belum mengalami peristiwa ini. Tentu saja, ada beberapa pengecualian seperti Kim Suho dan Shin Jonghak. Mereka telah mendeapatkan pencerahan mereka sejak berumur 15 dan 17 tahun.

Seseorang yang telah tercerahkan bisa melihat bakat, keterampilan dan kemampuan mereka dengan objektif, dan hal itulah yang membuat mereka bisa berlatih dengan lebih efisien. Selanjutnya, pencerahan membuat seseorang untuk mendapatkan ‘hasil bersih’ rampasan dari Tower dan Dungeon.

Asosiasi Hero menyebut fenomena ini sebagai ‘Status Window’. Adalah sebuah fakta tetap bahwa ‘Status Window’ hanya bisa dilihat oleh sang pemilik status itu sendiri.

Namun karena aku adalah sebuah pengecualian, aku juga punya settingan status semacam itu.
Di mata orang lain, mereka bisa menggunakan organ sensorik atau medium lain seperti buku atau senjata untuk melihat statusnya sendiri. Pencerahan yang bersifat special secara natural datang dengan kekuatan yang spesial juga. Walaupun kedengarannya agak berlebihan, karakter utama nantinya akan melewati dua pencerahan karena settingan yang ada di dalam novelku dulu.

“…apakah hal ini adalah ‘itu’?”

Berdasarkan settingan-ku, laptop ini bisa dikatakan sebagai medium pencerahan.

Aku mulai jadi agak sedikit bergairah. Tak ada satupun orang yang benci menjadi spesial.

Namun daripada menjadi senang, menganalisa situasi sekarang jauh lebih penting.

Ketika aku menekan tombol “Enter” di atas keyboard, beberapa window pun muncul.

===[Sinkronisasi Selesai]===
===[Status Kim Chundong dihapus. Status Kim Hajin ditransfer.]===
===[Semua status dihapus. 10 Poin didapatkan.]===
[Kim Hajin] [SP Sekarang: 64]
>Status
*Status Tak Tetap
[Kekuatan 1.2]
[Stamina 1.3]
[Kecepatan 1.5]
[Penglihatan 2]
[Vitalitas 1.3]
[Kekuatan sihir 1]
*Status Tetap
[Kecerdasan – 4.105/10]
[Ketekunan 5.010/10]
[Keberuntungan – 6.330/10]
[Kharisma – 4.135/10]
Poin : 10 (Akan menghilang dalam 10 hari bila tidak digunakan)
>Bakat
[Pengamatan dan Membaca]
[Atribut Kosong]
—Pengamatan
Kau bisa mengamati karakter yang ada di dalam penglihatanmu
—Membaca
Kapanpun Anda ingin, Anda bisa membaca pengaturan laptop tanpa medium apapun
>Keahlian (0/3)
X
>Fisik (0/3)
X
>Campur Tangan dalam Pengaturan [Kewenangan]
—Menggunakan SP, Anda bisa memodifikasi atau menambahkan pengaturan untuk target tak hidup
—Menggunakan SP dan menghubungkannya dengan ‘Kim Hajin’, kau bisa memodifikasi atau menambahkan pengaturan untuk status, Bakat, Keahlian, dan Fisik.
*Pertimbangan Pemula : Hanya sekali, Anda bisa menulis bakat Anda yang mempunyai harga sebesar 10,000 SP dengan gratis.
*SP (Story Point): Semakin kepentingan seorang ‘Kim Hajin’ meningkat di dalam dunia ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak SP. Anda bisa menukar Poin dengan SP.
>???
—Akan dibuka saat cerita utama selesai.
===

Kata pertama yang menjadi sorot perhatianku adalah “singkronisasi” dan “hapus.”

Aku tak tahu apa artinya, namun aku tahu bahwa hal itulah yang mengubah namaku dari Kim Chundong menjadi Kim Hajin dan akhirnya membuat wajahku kembali. Statusku kelihatannya juga telah disesuaikan dengan sangat akurat. Dibandingkan Chundong, aku memang lebih lemah, namun aku mendapatkan 10 poin pengganti sebagai kompensasi. Dengan poin, aku bisa meningkatkan status manapun yang aku inginkan.

“…Poin ini benar-benar bagus.”

Sebagai pencipta dunia ini, aku sangat paham akan pentingnya poin. Orang dewasa pada umumnya memiliki 1.5 poin untuk tiap status yang mereka miliki. Selanjutnya, dunia ini tidak memiliki konsep naik level seperti di dalam game. Jadi ‘poin’, yang mana bisa dipakai untuk meningkatkan status yang diinginkan, merupakan sesuatu yang langka dan mahal, hanya bisa didapatkan di Tower atau Dungeon.

Kekuatan sihir Kim Suho saat ini mungkin berada disekitar angka 9. Dalam kata lain, jika aku menaruh 10 Poin yang aku miliki untuk meningkatkan kekuatan sihirku, kekuatan sihirku akan bisa melewati Kim Suho.

“Tidak.”

Itu bukanlah ide yang bagus. Bila hanya dengan kekuatan sihir yang tinggi, aku nantinya hanya akan menjadi penyihir, namun menjadi penyihir adalah hal yang sangat melelahkan. Bukan hanya mahal, namun juga membutuhkan usaha yang ekstrem dan kemampuan menghapal yang tinggi. Aku perlu meningkatkan kecerdasan dan ketekunan untuk menjadi penyihir, namun status-status itu tetap tak bisa dinaikkan bahkan dengan poin.

Dalam kata lain, menjadi seorang penyihir berada jauh dibalik gambaran masa depanku.

“…apa-apaan dengan tiga tanda tanya ini?”

Kata berikutnya yang langsung mendapatkan perhatianku adalah tanda tanya-tanda tanya mencurigakan yang kelihatan sangat mencolok.

===
>???
—Akan dibuka saat cerita utama selesai.
===

Tanda tanya itulah yang menangkap atensiku setelah kata sinkronisasi dan hapus.
Terbuka saat cerita utama selesai.

Mungkin, ini adalah kunci untuk kembali ke bumi. Bahkan jika bukan, itu adalah petunjuk satu-satunya yang aku miliki.

Masalahnya aku tidak tahu kapan cerita ini akan selesai. Jika tanda tanya itu merujuk pada jalan cerita sebelum aku hiatus, maka aku setidaknya harus menunggu selama 10 tahun sebelum itu terjadi…

Satu pemikiran kemudian membawaku pada pemikiran yang lainnya.

Pertama, aku harus menemukan cara untuk pulang ke rumah. Untuk mencapai hal itu, aku perlu kekuatan dan kewenangan. Untuk mencapai kekuatan dan kewenangan, aku perlu sesuatu yang disebut sebagai ‘SP’. Untuk mendapatkan SP, aku perlu terlibat dengan jalan cerita. Untuk melakukannya, aku harus menjadi lebih kuat atau mencolok.

“…Pistol. Kelihatannya senjata ini bukan pilihan yang buruk.”

Pistol memenuhi dua syarat ini.

Pertama adalah kekuatan.

Pistol tak butuh status tinggi untuk bisa digunakan. Senjata jarak dekat seperti tombak dan pedang perlu distribusi status yang sama ke setiap status yang dimiliki. Sementara kepentingan status stamina untuk senjata panah kurang, status yang lain masih diperlukan. Kebalikannya, kecepatan, penglihatan, dan sedikit kekuatan sihir sudah cukup untuk menggunakan pistol.

Dalam kata lain, adalah hal yang mudah untuk mencapat ‘kekuatan minimum’ yang dibutuhkan dengan pistol.

Yang kedua adalah ke khas-an.

Tak ada satupun Hero di dunia ini yang memakai pistol. Alasan itu sudah lebih dari cukup untuk membuatku spesial.

Jadi sepertinya aku akan melanjutkan menggunakan senjata ini. Setidaknya, sampai status-statusku meningkat dan aku telah siap secara mental untuk melawan monster pada jarak dekat.

Dengan senjata utama yang telah aku tentukan, aku pun melanjutkan menuju ke topik yang selanjutnya.
Bakat.

“…aku bisa menciptakan Bakatku sendiri.”

Sebuah bakat memiliki arti yang spesial bagi para Hero, namun bakat sendiri masih berpegang pada arti katanya, yaitu sebuah kemampuan yang dimiliki secara alami atau bisa juga disebut sebagai talenta untuk melakukan sesuatu.

Namun standar untuk sebuah bakat begitu tinggi. Setidaknya, sebuah bakat harus sama dengan kemampuan fisik. Bakat dibedakan menjadi berbagai kategori. Lima bakat paling umum adalah ‘senjata’, ‘fisik’, ‘elemen’, ‘sihir’, dan ‘alam’.

Lalu, sebagai karakter utama, dia, Suho memang pantas mendapatkan dua bakat sekaligus. Bakat yang dia bangkitkan akhir-akhir ini adalah sebuah bakat senjata, ‘Pedang Suci’. Bakatnya adalah sebuah bakat yang sangat curang, yang membuatnya mendapatkan perlindungan dunia dalam hal pedang. Sederhananya, pedangnya itu bahkan bisa memotong air. Dengan hanya satu bakat ini saja sudah cukup baginya untuk menjadi Hero terhebat di dunia.

Nah, itulah seberapa pentingnya sebuah bakat. Bakat tidak perlu menjadi terlalu kompleks. Sebuah bakat yang kuat dan efektif lebih baik.

Kemudian, aku mulai mengetik.

===
>Bakat
—Bertambah Kuat Setiap Hari
[Atribut Kosong]
Setiap 24 jam, meningkatkan semua status sebanyak 0.1.
===

“…apakah ini akan berhasil?”

Walaupun aku tahu bahwa yang kulakukan ini adalah suatu hal yang memalukan. Ketika aku sedang dalam masa hiatus, status kekuatan Kim Suho berada pada angka 16. Dengan bakat ini, aku akan mendapatkan angka 36.5 diseluruh statusku hanya dengan waktu 365 hari.

Namun karena semua yang kutulis bisa dikembalikan sebelum disimpan, aku memutuskan untuk mencobanya saja.

[Pertimbangan untuk Pemula telah diaktifkan. Sebuah Bakat bernilai 10,000 SP akan dibuat.]
[10,000 SP tidak cukup untuk membuat bakat ini. Kualitas bakat secara otomatis diturunkan.]
===

>[Bertambah Kuat Setiap Hari]
[Rangking menengah ke atas] [Atribut Roh] [Statis]
—Pengembangan Fisik
Setiap 24 jam, semua status meningkat hingga 0.0015.
===

[Apakah Anda ingin menyimpan hasil yang telah diperbaharui?]

Aku langsung menekan tombol batal.

Mendapatkan status senilai 1.5 akan membutuhkan waktu 1000 hari. Dalam 10,000 hari, atau sama dengan 25 tahun dalam hal ini, aku akan mendapatkan angka 25 di semua statusku, namun aku akan jadi terlalu tua untuk menunggu saat itu terjadi.

Selanjutnya, aku lalu menulis Bakat yang telah kupikirkan sebelumnya.

===
>Bakat
[Master Penembak Jitu]
[Rangking menengah ke atas] [Atribut kosong]
Bisa menggunakan senjata jarak jauh dengan baik.
===

Aku tidak menaruh detail yang banyak pada Bakat itu. Karena dari percobaanku sebelumnya, aku sadar apa yang bisa dilakukan laptop ini. Tidak peduli apapun yang kutulis, laptop ini akan langsung mengubahnya sesuai dengan standarnya sendiri.

[Pertimbangan Pemula diaktifkan. Sebuah Bakat bernilai 10,000 SP akan diciptakan.]
[10,000 SP terlalu banyak untuk menciptakan Bakat ini. Kualitas bakat dinaikkan.]

===
>[Master Penembak Jitu]
[Rangking menengah ke atas] [Atribut gabungan] [Statis]
—Metode Latihan Master Penembak Jitu
*Kecakapan tak bersyarat dalam menggunakan semua senjata jarak jauh
—Mata Ribuan Mil
*Bisa melihat jarak jauh dengan mendetail dan secara akurat bisa memprediksi pergerakan target
*Meningkatkan persepsi dan kecepatan sebanyak tiga poin
—Bullet Time
*Sekali setiap 24 jam, Anda bisa menghabiskan waktu selama tiga menit dalam ‘Bullet Time’.
===

“Oh?”

Lumayan bagus. Secara khusus, aku suka perkataan “semua senjata jarak jauh”. Dengan ini, aku bisa menggunakan busur kalau aku mau. Mata Ribuan Mil adalah sebuah kemampuan yang dijelaskan dengan sangat jelas, dan Bullet Time mungkin adalah kemampuan yang meningkatkan kecepatan menembakku atau yah, semacam itulah.

Hal ini membuatku puas, namun masih ada sesuatu yang perlu aku rubah.

[Statis]

Daripada sebuah Bakat yang statis, yang mana bsa dibilang kalau Bakat ini tidak bisa berkembang lagi, sebuah Bakat yang bisa terus menguat seiring berjalannya waktu lebih baik.

[Sebuah kalimat terlah diperbaharui.]

===
>[Master Penembak Jitu]
[Rangking menengah ke bawah] [Atribut gabungan] [Berkembang]
—Metode Latihan Master Penembak Jitu
*Keakraban dalam menggunakan semua senjata jarak jauh
—Mata Ribuan Mil
*Bisa melihat jarak jauh dengan mendetail dan terkadang bisa memprediksi pergerakan target
*Meningkatkan persepsi dan kecepatan sebanyak tiga poin
—Bullet Time
*Hanya sekali dalam pertarungan setiap 24 jam, Anda bisa menghabiskan waktu selama tiga detik dalam ‘Bullet Time’.
===

“Mm.”

Bakat yang kuinginkan langsung jatuh ke rangking menengah ke bawah dan kemampuan-kemampuan detailnya pun langsung melemah, namun selebihnya, sebuah Bakat yang terus berkembang lebih baik daripada sebuah Bakat yang statis. Apalagi, certa utama akan terus berlanjut paling tidak selama 7 tahun…

Ah, aku jadi sedih lagi sekarang.

“Sialan.”

Dengan sebuah kata umpatan, aku pun akhirnya menerimanya.

[10 poin]

Kemudian, sekarang adalah saat yang tepat untuk kembali ke status.

Bagaimana harusnya aku menghabiskan 10 poin yang tak ternilai ini?

Karena status tetap adalah ‘tetap’, aku sepertinya memang tak bisa mengubahnya. Kalau begini caranya, aku harus meningkatkan status tak tetapku.

Namun…

Aku mungkin bisa mengubah status tetap.

“…Apa aku harus mengubah 10 poin itu menjadi SP?”

Poin bisa ditukar dengan SP. Mungkin, mengubah status tetap adalah sebuah hal yang memungkinkan menggunakan SP. Tapi sebelum membuat kesalahan yang tak bisa dikembalikan seperti semua, aku memutuskan untuk mentesnya. Beruntungnya, aku punya 64 SP, jadi aku mencoba untuk mengubah status ketekukan dari 5.010 menjadi 5.500.

[Menggunakan 64 SP, Anda memperbaharui status tetap.]

[Anda tidak memiliki SP yang cukup. Nilai status akan disesuaikan. Ketekukan dibuah menjadi 5.060.]

“Berhasil?”

Mataku membuka lebar. Kalau cara ini berhasil, apa yang harus kulakukan selanjutnya sudah jelas. Aku harus mengkonversikan poin-poinku menjadi SP dan menginvestasikannya di status tetap.

Pertanyaan selanjutnya adalah, status mana yang harus kupilih…

Kecerdasan. Ketekukan. Keberuntungan. Pesona.

Jujur saja, sebagai seorang lelaki, pesona adalah yang sangat menarik.
“Keberuntungan saja.”

Tapi aku sudah terlalu hapal betapa pentingnya status keberuntungan di dunia ini.
Aku teringat sebuah kalimat yang ada di dalam novelku.

[Status keberuntungan tidak hanya mempengaruhi keberuntungan dalam menemukan harta di Dungeon. Keberuntungan juga mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan status bonus dari latihan, kesempatan untuk mendaratkan serangan kritis dalam serangan, dan bahkan kesempatan untuk menang lotre. Keberuntungan adalah status terbaik yang bisa diaplikasikan dalam segala situasi…
Hidup memang begitu. Keberuntungan dalah hal yang paling penting.]

Tanpa ragu lagi, aku menggunakan 10 poin untuk mendapatkan 10,000 SP.

Menggunakan seluruh 10,000 SP, aku meningkatkan keberuntungan ke angka maksimum.

Yang aku inginkan adalah [Keberuntungan—10/10]

[Anda tidak memiliki cukup SP. Nilai status akan disesuaikan]

Laptop langsung menolal keinginan konyolku dan mengubahkan menjadi sesuatu yang masuk akal.

[Keberuntungan—9.100]

“Angka 9.1 adalah yang tertinggi yang bisa kucapai, heh.”

Karena angka 9 adalah batas bagi manusia, angka 9.1 bisa dibilang benar-benar tinggi.
Namun aku tidak langsung menekan tombol ‘simpan’ dan membatalkan perubahan itu.
Walaupun perlu waktu yang agak lama, ada metode yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah ini.

[Keberuntungan—6.4/10]

Pertama-tama aku meningkatkan keberuntunganku dari angka 6.3 ke angka 6.4 dan menyimpannya. Selanjutnya, angka 6.5. selanjutnya lagi, angka 6.6, 6.7, 6.8… terus melakukan seperti itu secara berulang…

[Sebuah keberuntungan yang misterius terjadi! Keberuntungan Anda meningkat sebanyak 0.01!]
[Sebuah keberuntungan yang aneh terjadi! Keberuntungan Anda meningkat sebanyak 0.05!]
[Keberuntungan—9.100/10]

Dengan cara ini, aku mendapatkan status keberuntungan yang mencapai angka 9.1 hanya dengan 9000 SP. Aku telah berhasil menyimpan 1000 SP.

Sebagai referensi saja, “Pertapa Agung” yang ada di dunia ini memiliki status kecerdasan mencapai angka 9.5. Karena itulah angka 9 dikatakan sebagai angka yang ‘normal’ bagi manusia biasa, menghabiskan 1000 SP yang tersisa untuk status keberuntungan sepertinya tak bisa dipakai untuk meningkatkan status itu lagi.

Sebagai gantinya, staus tetap yang lebih tinggi memiliki efek exponensial. Namun sekarang, lebih baik menggunakan SP yang tersisa ke bagian yang lain.

“Ketekukan sepertinya bagus juga.”

Dalam situasiku saat ini, latihan merupakan sebuah kunci. Namun dengan mindsetku yang lama, aku tidak pernah akan bisa untuk latihan lama di Cube. Aku bahkan tidak mau melakukan 10 kali push-up.
Tanpa ragu, aku menaruh sisa 1000 SP yang kumiliki pada ketekunan.

Aku menulis, [Ketekukan—8/10]

[Anda tidak memiliki SP yang cukup. Nilai status akan disesuaikan.]
[Ketekunan—6.600]

Walaupun aku tidak terlalu puas, aku tetap menekan tombol simpan.

Efek dari keberuntunganku yang tinggi hanya berlaku setelah aku menekan tombol simpan.

[Sebuah keberuntungan yang luar biasa terjadi!]
[Status ketekukan Anda meningkat dari 6.600 ke 7.207!]

“Wow.”

Aku jadi puas sekarang. Walaupun aku tak merasakan adanya perbedaan. Angka 4 adalah standar bagi rata-rata orang kebanyakan. Sedangkan angka 7 merupakan angka status bagi para orang-orang berbakat.

Bagaimanapun juga, aku tetap senang. Karena aku akan meningkatkan status tetapku setiap aku mendapatkan SP, aku yakin aku akan bisa securing karakter utama.

Segera setelah aku mempunyai pemikiran bahagia semacam itu…

[Sebuah kesalahan yang dapat berakibat besar terhadap jalan cerita telah terdeteksi. Mulai dari sekarang, status tetap tak bisa diperbaharui dengan SP.]

“…apa-apaan ini?”

Sebuah jendela peringaan muncul di layar laptop, mematikan semua rencana yang kususun untuk masa depanku.

“Hm.”

Campur tangan oleh dunia?

Walaupun aku tak senang, aku tak punya pilihan lain. Tak ada yang akan berubah bahkan walaupun aku beradu argument dengan udara. Tambahan lagi, aku saat ini dipenuhi dengan keberuntungan yang aku inginkan.

“Terserahlah~”

Tanpa banyak pikir, aku menutup laptop itu dan berdiri dengan sebuah seringai.

Sekarang, adalah saatnya untuk mengetes Bakat yang telah kuciptakan.

Banjarbaru, 20 Februari 2019



Komentar