Review Novel Release That Witch




Hai! Balik lagi di siang hari yang cukup panas di bumi bersama saya, Ajeng. Kali ini saya bakal membahas webnovel ke-3 yang saya baca yaitu Release That Witch. 
Release That Witch

Tipe       : Webnovel

Genre   : Aksi, Petualangan, Drama, Fantasi, Harem, Misteri, Seinen, Supernatural

Author : Er Mu

Rating : Masterpiece (Rating saya pribadi)

Status Sementara : 1389 (Masih berlanjut)

Deskripsi : 

Chen yan mengalami perjalanan lintas waktu dan berakhir menjadi seorang pangeran terhormat di jalan Eropa pertengahan. Namun, dunia yang ia tinggali sekarang tidak sesederhana yang dia pikirkan. Para penyihir dengan kekuatan sihir yang luar biasa, peperangan mengerikan antara Gereja dan Kerajaan-kerajaan tercetus di seluruh daratan.

Roland, seorang pangeran yang dianggap tak memiliki masa depan oleh ayahnya sendiri diberikan bagian wilayah yang paling buruk, menghabiskan waktunya untuk mengembangkan kota kecil yang miskin dan terbelakang itu menjadi sebuat kota besar yang kuat dan modern sambil bertarung melawan seluruh saudara-saudarinya untuk tahta dan kuasa penuh atas kerajaan. Bergabunglah Bersama Roland sambil berteman dan bersekutu dengan para penyihir, melalui pertarungan bahkan pertanian, memaksa mundur para penyerbu asing yang datang dari dunia iblis.

Satu kata yang bisa saya katakan untuk novel ini, “Luas biasa!”

Sebelum menemukan novel ini, saya sempat hiatus membaca novel selama beberapa minggu karena tak kunjung mendapatkan bacaan yang bikin darah saya mendidih akan gairah (what?). Sebelumnya saya adalah pembaca setia novel-novel lain yang bertema cultivation dan jujur saja, saya muak membaca novel bertema begitu, hahaha. Kalau kalian mencari novel tentang kingdom-building, inilah novel yang sangat saya rekomendasikan.

Tokoh utamanya luar biasa keren, namun tidak keren dalam artian ganteng, kuat dalam bertarungan, baddass, punya cheatperfect dan lain-lain seperti yang sering digambarkan pada novel Chinese dan Jepang kebanyakan (kalian yang sering baca novel bertema serupa pasti tahu maksud saya). Tokoh sampingannya juga mantap-mantap dan sangat menarik. Villain-nya juga sangat worth it, ya pokoknya pas aja gitu lah. Hal yang paling saya suka di dalam novel adalah pada saat beberapa tokoh menceritakan tentang perkembangan di dalam kota dan rasa syukur mereka karena telah bisa tinggal di sana. Penggambaran ini sangat heart-warming bagi saya. 

Novel ini masih on going, translate-nya sediri masih sampai 1300-an chapter. Dan broken translate-nya sudah hampir menyentuh angka 1400. Agar imajinasi kalian masih tetap bagus, saya sarakan untuk membaca translate bagusnya, jangan kayak saya yang nekat saking penasarannya sampai membaca broken translate-nya.

Untuk membaca versi bagusnya :
[English Version 1] [English Version 2]
Link untuk broken translate : English Version

Nah, beruntung bagi kalian pembaca baru, sekarang Release That Witch sudah ada versi manhua (komik china-nya) lho! Check it out!

Link [Versi Indonesia] : Release That Witch
Link [Versi English] : Mangahasu



Banjarbaru, 26 Februari 2019

Komentar